PROPOSAL
USAHA
“BUKET BUNGA DARI KAIN FLANEL”
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_AAdSzbAERFrj_JHSgVImBEVWRGF_kUdeTpI_vAuq95jO4qKIVaQM1SpW50hIDfqwjjRcTvuPqLw5tndoO5S9ijPPY0CKaMIsA_9YBOF5jiXWwfVbEVYMSsCM4MZocHGLvS5pDD2OwMNs/s200/logo+of+sman4cimahi.jpg)
DIAJUKAN OLEH :
1. LINANDA
ISLAMIATI (Keuangan)
2. MIA LESTARI
PUTRI (Perencanaan)
3. M. ARVIKI HAFIIZH H (Pemasaran)
4. NASYA PATRESSIA
P I (Produksi)
TIM 5
KELAS XII IPA 6
SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 4 CIMAHI
Jalan Kihapit barat No. 323 Leuwigajah Cimahi Selatan
Jalan Kihapit barat No. 323 Leuwigajah Cimahi Selatan
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami
ucapkan kepada Allah Swt.
karena dengan bimbingan dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal
pengajuan wirausaha “BUKET BUNGA DARI KAIN
FLANEL”.
Proposal ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk memenuhi
salah satu tugas mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan
pada semester VI.
Pelaksanaan
pembuatan proposal ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua
pihak secara moril maupun materil, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada Bapak Irwan Sopandi, S.Pd. selaku guru mata
pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Serta tim 5 yang
telah bekerjasama dalam penyusunan
proposal ini. Kami
menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,
kami mengharapkan
kritik dan saran yang sifatnya membangun bagi pembaca dan mayarakat umum.
Cimahi, Januari 2018
Tim 5
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR...............................................................................................
i
DAFTAR
ISI..............................................................................................................
ii
BAB I.
PERENCANAAN......................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang........................................................................................ 1
1.2 Visi dan Misi........................................................................................... 1
1.3 Tujuan..................................................................................................... 2
1.4 Analisis SWOT........................................................................................ 2
1.1 Latar Belakang........................................................................................ 1
1.2 Visi dan Misi........................................................................................... 1
1.3 Tujuan..................................................................................................... 2
1.4 Analisis SWOT........................................................................................ 2
BAB II.
PRODUKSI..................................................................................................
3
2.1 Nama Produk.......................................................................................... 3
2.2 Bahan dan Alat........................................................................................ 3
2.3 Langkah Produksi.................................................................................... 4
2.1 Nama Produk.......................................................................................... 3
2.2 Bahan dan Alat........................................................................................ 3
2.3 Langkah Produksi.................................................................................... 4
BAB III.
KEUANGAN (RAB)..................................................................................
5
3.1 Biaya Tetap............................................................................................. 5
3.2 Biaya Variabel......................................................................................... 5
3.3 Biaya Penyusutan.................................................................................... 5
3.1 Biaya Tetap............................................................................................. 5
3.2 Biaya Variabel......................................................................................... 5
3.3 Biaya Penyusutan.................................................................................... 5
3.4 BEP (Break Event Points)........................................................................
6
BAB IV. PEMASARAN............................................................................................
7
4.1 Penetapan Harga...................................................................................... 7
4.2 Penetapan Tempat Pemasaran................................................................. 7
4.3 Penetapan Promosi yang akan dilakukan................................................. 7
4.1 Penetapan Harga...................................................................................... 7
4.2 Penetapan Tempat Pemasaran................................................................. 7
4.3 Penetapan Promosi yang akan dilakukan................................................. 7
4.4 Waktu Pemasaran....................................................................................
7
4.5 Pelaksanaan
Distribusi.............................................................................
7
4.6 Pengembangan
Produk............................................................................
7
BAB V. PENUTUP....................................................................................................
8
5.1 Kesimpulan.............................................................................................
8
5.2 Saran.......................................................................................................
8
ii
BAB I
PERENCANAAN
1.1 Latar
Belakang
Di zaman yang modern ini teknologi sudah semakin
canggih. Banyak masyarakat yang memilih hal-hal yang instant. Mereka cenderung
malas untuk memulai sesuatu yang baru. Misalnya dalam berkarya, banyak
masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara mengembangkan potesi berkaryanya.
Saat mereka ingin membuat suatu karya mereka selalu meniru karya orang lain.
Mereka tidak mau menciptakan hasil karya yang sesuai dengan pemikiran mereka
sendiri atau imajinasi mereka sendiri. Prakarya tidak memandang sebuah karya
itu jelek atau bagus, namun dilihat dari bentuk karya yang berbeda dari yang
lainnya. Maka itu di sebut suatu karya yang bagus.
Seiring berjalannya waktu, flanel semakin di
kenal banyak orang. Terutama, kalangan perajin aksesoris. Salah satu hal yang manarik
dari kain flanel adalah warnanya yang beragam dan lengkap, selain itu tekstur
kainnya yang lembut. Kain flanel digunakan
untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft.
Saat ini trend di masyarakat semakin berkembang.
Bermacam produk yang bisa dikombinasi dengan hiasan dari kain Flanel. Seperti
produk kami yaitu Buket Bunga dari Kain Flenel dengan bentuk desainnya pun mirip
dengan bunga asli tetapi menjadi
lebih bervariasi.
1.2 Visi dan Misi
Visi : Memproduksi Buket Bunga dari Kain Flanel yang bentuk desainnya pun mirip
dengan
bunga asli tetapi menjadi lebih bervariasi dan inovasi.
bunga asli tetapi menjadi lebih bervariasi dan inovasi.
Misi :
1.
Memasarkan Buket Bunga dari Kain Flanel di dalam daerah.
2.
Menjaga kualitas produk dan terus berinovasi.
3.
Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat.
4.
Meningkatkan mutu dan kualitas, mengedepankan proses
dalam pengolahan produksi yang terjamin baik dari bahan yang berkualitas dan
rapi.
1
1.3 Tujuan
Dengan modal yang tidak
terlalu maksimal
mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati di pasaran oleh masyarakat karna
kualitas yang bagus dan harga
yang terjangkau, juga
berguna untuk menambah produk yang berkreatifitas dan berinovasi di daerah Cimahi.
1.4 Analisis SWOT
· Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
2. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.
3. Harga lebih terjangkau dibandingkan dengan buket bunga asli.
4. Produk kami mudah didapatkan karena saingan pasar yang
sedikit.
5. Bahan mudah didapatkan.
6. Banyak digunakan dalam acara ulang tahun, pernikahan dan
wisuda/perpisahan.
· Weakness (Kelemahan)
1.
Persaingan dengan toko bunga.
2.
Hanya didapatkan di Cimahi Mall, karena kami tidak
menjual secara online dan tidak membuka cabang lain.
·
Oportunity (Peluang)
1.
Dapat memenuhi selera konsumen.
2.
Dengan tetap manjaga kreatifitas dan kualitas produk, kami
yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan toko bunga lain.
3.
Saat ini dengan sedikitnya pesaing dengan bidang usaha
sejenis ditingkat regional kawasan Cimahi, membuat kami yakin bahwa kedepannya usaha
kami akan maju.
· Threaty (Ancaman)
Munculnya usaha baru yang sejenis yang berusaha menyaingi usaha kami,
dengan kreatifitas yang lebih inovatif.
2
BAB II
PRODUKSI
Q = 14 / 3 Hari
Tenaga Kerja = Rp. 10.000 x 14 =
Rp. 140.000
2.1 Nama Produk
“Buket Bunga dari Kain Flanel”
Bahan :
1.
Kain Flanel 2 Warna
2.
Kawat 5 m
3.
Isi Lem Tembak 5 buah
4.
Lem Kertas
5.
Pita 50 cm
6.
Kertas Tisu
Alat :
1.
Penggaris
2.
Gunting
3.
Pulpen
4.
Lem
Tembak
3
2.3 Langkah Produksi
1.
Siapkan
semua alat dan bahan.
2.
Lakukan
langkah pertama dengan menggunting kain flanel secara memutar berpola seperti
bentuk oval.
3.
Setelah
itu, buatlah bunga dari pola tadi dengan cara menggulungnya secara memutar
mulai dari ujung polanya dan beri lem tembak pada gulungan terakhir yang
dimaksudkan supaya bunga terbentuk dengan kokoh. Lakukan langkah ini pada kedua
pola lainnya hingga semua terbentuk menjadi bunga sesuai ukuran buket.
4.
Berikan
kertas tisu pada bunga yang sudah dirangkai.
5.
Berikan finishing dengan
mengikatkan pita dibagian pegangan tangan bunga buket.
4
BAB III
KEUANGAN (RAB)
(Rancangan
Anggaran Biaya)
Q = 14 / Minggu
3.1 Biaya Tetap
1.
Kain Flanel 2 Warna Rp. 525.000
2.
Tenaga Kerja Rp.
140.000 +
Rp. 665.000
3.2
Biaya
Variabel
1.
Kawat 5 m Rp.
70.000
2.
Isi Lem Tembak 5 buah Rp. 7.500
3.
Lem Kertas Rp.
500
4.
Pita 50 cm Rp.
14.000
5.
Kertas Tisu Rp.
5.500 +
Rp. 97.500
Rp. 97.500
3.3 Biaya Penyusutan
1.
Penggaris = Rp. 41,67
2.
Gunting = Rp.104,17
3.
Pulpen = Rp. 500
4.
Lem
Tembak = Rp. 312,5
+
Rp. 954,34
RAB =
665.000 + 97.500 + 954,34
= 763.454,34
Q =
14 / Minggu
HPP = 54.532
Pkeuntungan =
25% x HPP
= 13.633
5
Ppenjualan = Pkeuntungan + HPP
= 13.633 + 54.532
= 68.165
3.4 BEP (Break Event
Points)
BEP
(P) =
=
= 54.532
BEP
(Q) = = = 12
6
BAB IV
PEMASARAN
4.1 Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan bahwa
harga satu buket bunga dari kain flanel adalah Rp. 68.165 agar kami
menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan.
4.2 Penetapan Tempat Pemasaran
Adapun beberapa kriteria dalam memilih tempat usaha didasarkan pada letaknya yang strategis, peluang besar yang
potensial, serta akses masuk yang mudah. Oleh karenanya ditetapkan lokasi
pemasaran, yaitu Cimahi Mall.
4.3 Promosi yang akan dilakukan
Untuk
promosi usaha, kami mengunakan media elektronik (instagram, facebook, dan whatsapp). Namun kepuasan konsumen akan
secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami kepada para
konsumen lainnya (mulut ke mulut).
Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke
waktu.
4.4 Waktu
Pemasaran
Pemasaran produk ini dilakukan setiap hari Kamis sampai Minggu (dari jam 09.00-15.00 WIB).
4.5 Pelaksanaan Distribusi
Usaha kami tidak memerlukan
pendistribusian khusus,
karena kebanyakan dari para konsumen biasanya datang langsung ke tempat kami
sehingga kami tidak banyak mengeluarkan tenaga dan biaya
untuk pendistribusian.
4.6 Pengembangan Produk
Untuk pengembangan hasil produk dalam usaha handmade ini, kami telah menyusun berbagai cara
jitu yang nantinya akan membuat usaha buket bunga dari kain flanel ini
berkembang dengan pesat, berkualitas
tinggi dan disegani para konsumen.
7
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Demikian proposal ini kami ajukan dengan harapan permohonan
pendirian usaha
yang kami
dirikan dapat diacc. Pembuatan proposal ini bertujuan
untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam
dunia usaha. Dari pendirian
usaha “Buket Bunga dari Kain Flanel”, kami menyimpulkan bahwa berdirinya usaha ini karena kebutuhan masyarakat
dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini.
5.2 Saran
Agar pelaksanaan
suatu usaha dapat berjalan lancar, maka
kamimempunyai
beberapa saran, antara
lain :
1.
Percaya
dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
2.
Pandai
berkomunikasi.
3.
Mempunyai
etos kerja yang tinggi.
4.
Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
5.
Tidak
mudah putus asa.
6.
Mampu
menghasilkan produk yang berkualitas.
7.
Mengutamakan
kepuasan pelanggan.
8.
Disiplin,bertanggung
jawab, kreatif dan
inovatif.
8
terimakasih telah berbagi informasi yang bermanfaat...
ReplyDeleteAplikasi Kasir Android Offline
Izin copas ya kak😊
ReplyDeleteIzin copas ya kak
ReplyDeleteIzin copas ya kak 🙏🏼
ReplyDelete